Dog food

Dog food
Pedigree

Senin, 12 Juli 2010

Periksa Mulut Anjing Anda Secara Berkala


Perawatan mulut adalah bagian penting dari perawatan anjing. Membersihkan plak dan tar-tar secara rutin mencegah anjing dari bau mulut, infeksi gusi dan gigi tanggal.

Gigi anjing harus senantiasa bersih dan terbebas dari plak dan tar-tar, gusinya harus dalam keadaan berwarna merah muda yang menandakan sehat. Pada anjing yang sudah berumur biasanya terdapat tumpukan kotoran dapat mengendap di bagian bawah gigi dekat gusi. Hal ini bisa mangakibatkankan bau mulut, penyakit mulut dan gusi serta infeksi. Pada akhirnya hal ini dapat menyebabkan tanggalnya gigi pada anjing.

Rutin menyikat gigi dapat mencegah terjadinya penumpukan tar-tar. Gunakanlah sikat gigi khusus anjing atau sikat gigi untuk anak-anak dan pasta gigi khusus anjing. Anda juga dapat memberinya makanan kecil yang dibuat khusus untuk menjaga kebersihan mulut anjing.

Dokter hewan juga dapat membersihkan gigi anjing Anda dari tartar, mengangkat gigi yang goyang dan memoles gigi untuk memperlambat pengendapan kotoran pada gigi. Namun hal ini tidak mudah dilakukan setiap saat karena dokter akan melakukannya dengan cara membius total anjing Anda dan melakukan proses pembersihan gigi tersebut. Jadi akan lebih baik apabila Anda mencegah penumpukan plak dan tartar tersebut dengan cara memberikannya mainan yang dapat digigitnya atau cemilan yang berfungsi sebagai pembersih gigi khusus anjing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar