Dog food

Dog food
Pedigree

Senin, 12 Juli 2010

Makanan berbahaya


Sebagian makanan yang biasa dinikmati manusia bisa berakibat fatal bagi anjing, termasuk di antaranya coklat (keracunan Teobromina), bawang bombay (bawang merah), buah anggur, kismis,beberapa jenis permen karet, pemanis buatan tertentu, dan kacang Makadamia. Sekarang berhasil diketahui bahwa kakao adalah zat berbahaya bagi anjing, sedangkan coklat putih mungkin tidak berbahaya.

Buah anggur dan kismis baru diketahui berbahaya bagi anjing sejak tahun 2000 dan pemilik anjing belum semuanya tahu tentang hal ini. Sebab pasti anggur dan kismis berbahaya bagi anjing belum diketahui sampai sekarang. Tapi seorang dokter hewan berpendapat sistem imunitas anjing menjadi aktif dan menyerang sel-sel tubuh sendiri akibat dipicu virus yang menyerang tanaman anggur. Keadaan ini disebut autoimun akut pada anjing dan sama fatalnya dengan FIP pada kucing. Apapun alasannya, anjing sama sekali tidak boleh diberi makan anggur, berbagai jenis kismis dan produknya seperti biskuit sultana.

Tulang yang sudah direbus sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing, apalagi tulang ayam. Pemanasan mengubah sifat kimia dan sifat fisik tulang yang berakibat tulang tidak bisa dikunyah anjing dengan betul. Tulang pecah menjadi bagian-bagian yang tajam dan membahayakan pencernaan anjing.

2 komentar:

  1. Mantap bro, baru pelihara anjing ato emang udah dari dulu nh? Keren dah maen blog... teruskan bro!

    Haend

    BalasHapus
  2. wkwk. saia aj blom melihara anjing hen. wkwk
    Gw emg dmen anjing jd gw bkin blog na aj la.
    drpd maen game trus. wkwk

    BalasHapus